Jakarta Punya Pemukiman Terpadat di Asia Tenggara


Image Source: Detik

Tau gak sih lo, kalau ternyata Jakarta punya Pemukiman Terpadat di Asia Tenggara lho! Kecamatan Johar Baru jadi salah satu permukiman terpadat di Ibu Kota sekaligus permukiman terpadat di Asia Tenggara. Menurut hasil penelitian, Kecamatan Johar Baru terkenal sebagai kecamatan dengan tingkat kepadatan penduduk rata-rata 60.433 jiwa/km2.


Menurut laporan penelitian Jurnal Arsitektur Zonasi Volume 2 Nomor 1 Februari 2019, ditemukan fakta banyak masyarakat Johar Baru yang tinggal dan hidup di rumah ukuran kecil, berukuran 3x3. Di ruangan sekecil itu, mereka harus hidup berisikan 4 orang, bahkan lebih.


Kepadatan ini terus bertambah setiap tahunnya. Bahkan, berdasarkan data BPS terbaru 2021, jumlah kepadatan penduduk Johar Baru bertambah menjadi 60.788 jiwa/km2. Banyak dari mereka yang meninggali rumah yang diisi sampai dua kepala keluarga (KK) dengan jumlah 8-10 orang dalam satu rumah.


Kepadatan penduduk ini berasal dari banyaknya masyarakat pendatang yang mengadu nasib untuk tinggal, mencari kerja, dan mencari kebahagiaan di Ibu Kota Jakarta.




Writer: Carissa Setyowatie - Rabu, 26 Januari 2022