Iwan Fals Hadirkan Kesegaran Di Musiknya Lewat Kolaborasi Bareng Sandriyati Fay Di Lagu ‘16/01’


Image Source: Musica Studio's

Sempat vakum, Iwan Fals hadir kembali untuk bermusik dan menuntaskan kerinduannya. Kali ini, Iwan Fals menghadirkan warna yang berbeda dari biasanya bareng Sandrayati Fay. Sandrayati adalah perempuan kelahiran Indonesia keturunan Amerika-Filipina.


Buat Iwan Fals, manusia bisa mencurahkan emosi dan perasaannya melalui media apapun. Gak perlu memerlukan gelar untuk mengeluarkan sebuah karya. Kita bisa mengekspresikan kegelisahan tersebut lewat susunan kata yang berirama.


Apalagi pandemi yang gak kunjung usai, perang dalam sebuah hubungan pun kerap terjadi. Adanya kecurigaan, bahkan ketidak adilan yang begitu jelas depan mata. Tapi semua itu bisa kita sikapi dengan doa, rasa syukur dan hati yang gembira.


Kolaborasi ini diwali dari Iwan yang mengenal Sandrayati dari sang anak Cikal, yang berkenalan di sebuah festival perayaan Gerhana Matahari Total di Palu pada 2016. Sebenarnya, ini bukan kali pertama lho Sandrayati bekerja sama dengan Iwan Fals. Dia pernah ikut serta di Konser Situs Budaya 2016 di Panggung Kita.


Lewat lagu ini, Iwan Fals dan Sandrayati Fay menembus batasan yang mereka punya dengan saling mengeksplor musikalitas dan genre musik masing-masing. Lagu ini juga punya banyak improvisasi dengan menghadirkan gaya yang ceria dan kadang jahil. Ini merupakan refleksi dalam melakukan adaptasi di masa sulit yang mau tidak mau harus dihadapi.


Eksplorasi ini kemudian direalisasikan oleh Cikal, yang jadi co-producer bareng Lafa Pratomo sebagai producer. Gak cuma sekedar kolaborasi, disini Sandrayati diberi ruang buat ikut menulis lagu. 16/01 sendiri kemudian jadi judul lagu kolaborasi mereka. Judul ini diambil dari tanggal produksi lagu, yang dibuat tanggal 16 dan selesai pada tanggal 01.


Lagu yang berdurasi hampir 8 menit ini bercerita tentang berbagai hal. Menurut Sandrayati, itu semua tercipta berdasarkan cinta. Secara garis besar, single ini menyuarakan kebisingan yang terjadi di luar diri, tapi ada banyak cara untuk menjaga diri sendiri tetap bersih dan terhindar dari kebencian.


Lagu 16/01 dari kolaborasi Iwan Fals dan Sandrayati Fay ini sudah bisa didengarkan mulai 30 Juli 2021 di seluruh platform musik digital. Buat yang nungguin video klip resminya tenang aja, karena bakalan tayang tanggal 1 Agustus 2021 pukul 16:01 WIB di channel YouTube Musica Studio’s.





Writer: Carissa Setyowatie - Sabtu, 31 Juli 2021 09.00 WIB