Ini Dia Daftar Konser Musik Yang Terlewatkan Gara-Gara Pandemi!


Image Source: Getty Image

Baru-baru ini, pemerintah udah mengizinkan kegiatan berskala besar seperti konser musik dan festival buat dilakukan nih guys. Tapi menurut Menkominfo Johnny G. Plate, semua izin bakal diberikan asalkan protokol kesehatan dipatuhi sesuai standarnya.


Sebelumnya, di tahun 2020 banyak banget konser dan festival yang batal digelar gara-gara pandemi Covid-19. Hal ini dilakukan demi pencegahan penularan virus Corona, karena saat itu tingkat penularannya sangat tinggi. Anyway, masih inget gak sih lo apa aja festival musik tahunan yang batal digelar karena pandemi Covid-19? Ini dia daftarnya!


1. Soundrenaline

Image Source: pinterest

Soundrenaline jadi salah satu festival musik tertua di Indonesia nih guys. ‘Soundrenaline’ udah digelar sejak 2002, dengan tema yang berbeda tiap tahunnya. Nah, edisi pertama Soundrenaline digelar pada 2-3 November 2002, di Parkir Timur Senayan, Jakarta. Kemudian di tahun selanjutnya, Soundrenaline digelarnya di lima kota


Setelah berpindah-pindah tempat, akhirnya Soundrenaline rutin digelar di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali, sejak 2015 sampai 2019. Sayangnya ditahun 2020 festival musik ini gagal digelar karena pandemi.


2. Java Jazz Festival

Image Source: twitter.com/javajazzfest

Buat kalian pecinta musik Jazz, Indonesia juga menggelar festival musik jazz yaitu, Java Jazz Festival. Acara ini biasanya jadi festival musik pembuka tiap tahunnya. Peter F. Gontha sebagai penggagas acara ini berpendapat, kalau Java Jazz sampai saat ini jadi salah satu festival jazz terbesar di Indonesia.


Festival ini pertama kali digelar pada 5-7 Maret 2005 selama tiga hari di Jakarta Convention Center, Senayan. Edisi pertama JJF menampilkan 25 musisi luar sekaligus 63 musisi Indonesia.



3. Hammersonic Festival

Image Source: getty image

Hammersonic udah jadi satu acara musik metal tahunan yang menampilkan band metal lokal sampai internasional. Tapi, Hammersonic yang biasanya digelar tiap 27 dan 28 Maret ini terpaksa harus diundur karena pandemi Covid-19. Pihak penyelenggara menunda pelaksanaan acara ke tanggal 15-17 Januari 2021 dan akhirnya harus diundur lagi di tanggal 27 dan 28 Maret 2021.


4. LaLaLa Fest

Image Source: soundcloud

LaLaLa Fest adalah salah satu event festival musik yang digelar di hutan. Digelar di hutan, festival ini bertujuan buat mempromosikan keindahan alam di Indonesia.


Festival musik internasional ini digelar di dalam hutan Orchid, Lembang, Bandung, sejak tahun 2016. Banyak musisi internasional yang udah manggung di festival ini, seperti Kodaline, Honne, Oh Wonder.



5. The 90’s Festival

Image Source: twitter.com/the90sfestival

Buat lo penikmat musik lifestyle oldies, festival yang satu ini harus masuk dalam list perkonseran lo! Festival ini, digelar dengan target para pendengar musik 90-an. Festival ini biasa dijadikan acara reuni banyak musisi lho! Mereka sempat mengundang Michael Learns to Rock dan musisi lokal legendaris seperti Dewa 19 dan Fariz RM.


6. Synchronize Fest 2020

Image Source: pinterest

Festival musik Synchronize Fest 2020 berlangsung tiap tahunnya terpaksa harus diundur. Walaupun sempat dibatalkan, akhirnya Synchronize Fest 2020 bisa digelar setelah bekerja sama dengan salah satu stasiun televisi swasta.


7. Prambanan Jazz 2020

Image Source: Getty Image

Festival musik Prambanan juga ikutan terkena imbas pandemi Covid-19 nih guys. Prambanan Jazz 2020 terpaksa harus digelar secara virtual dari komplek Candi Prambanan, Yogyakarta, pada 31 Oktober hingga 1 November 2020 lalu.


8. We The Fest 2020

Image Source: twitter.com

Festival musik We The Fest (WTF) juga harus digelar berbeda ditahun 2020 lalu. Biasanya WTF diselenggarakan secara langsung, tapi WTF 2020 kali ini digelar secara virtual. Bahkan, pihak penyelenggara menggelar festival musik ini secara cuma-cuma alias gratis!


Sebanyak 26 musisi hadir di acara virtual ini tersebut, di antaranya Oh Wonder, Masego, Autograf, Goldroom, RAC dan Keshi. Buat musisi lokalnya, WTF menampilkan Maliq & D’essentials, Isyana Sarasvati, Vidi Aldiano, Yura Yunita, Diskoria, Endah n Rhesa, Gabber Modus Operandi, Hindia, Hondo, Jason Ranti, Kalulla, Nadin Amizah, Patricia Schuldtz dan W.W.


9. Djakarta Warehouse Project (DWP) 2020

Sebagai acara penutup diakhir tahun 2020, DWP digelar secara virtual pada 19-20 Desember 2020 lalu nih guys. DWP tahun ini juga gak dipungut biaya, tapi buat yang pengen nonton acara ini harus memiliki V-Pass yang bisa diakses lewat situs DWP.


Kasih tau dong, konser atau festival yang masuk ke dalam wishlist lo!





Writer: Carissa Setyowatie - Rabu, 29 September 2021 15.42 WIB