Indonesia Jadi Negara Penghasil Konten K-Pop Terbanyak Di TikTok


Image Source: Unsplash

Tau gak sih lo, ternyata Indonesia jadi negara penghasil konten seputar K-Pop terbanyak di TikTok lho! Hal ini diungkapkan dalam analisis Infografis 2021 K-pop TikTok, yang bekerja sama dengan ata fandom dari Space Oddity, K-pop Radar, selama periode 2018-2021.


Perwakilan TikTok Korea menyebutkan kalau budaya penggemar K-Pop gak berhenti di fase konsumsi aja nih guys, bahkan sampai merambah lewat konten.


Jumlah video K-Pop yang ada di TikTok meningkat tiga kali lipat, dari 33,5 juta di tahun 2019 menjadi 97,87 juta per bulan September 2021. Dari jumlah ini sebanyak 92,8 persen video berasal dari luar Korea, dan Indonesia jadi pasar terbesar yang membuat video Kpop sebesar 16,4 persen.mKemudian diikuti oleh Filipina 13,5 persen, Amerika Serikat 8,7 persen, dan bahkan melampaui Korea Selatan yang menempati urutan keempat sebesar 7,2 persen.


Pertumbuhan konten K-pop yang sangat tinggi di seluruh dunia ini turut dipengaruhi oleh mudahnya penggunaan berbagai fitur di platform TikTok, sehingga semua orang bisa menjadi kreator TikTok.




Writer: Carissa Setyowatie - Sabtu, 13 November 2021