Indonesia Jadi Negara Dengan Permintaan Hapus Konten Terbanyak Di Google


Image Source: Unsplash

Zaman sekarang, siapa sih yang gak suka posting konten di media sosial? Ditambah lagi, semua udah beralih ke dunia digital. Tapi tau gak sih lo, kalau Indonesia jadi negara yang paling banyak me-request penghapusan konten di Google lho!


Hal ini dibuktikan lewat laporan Google yang berjudul "Content Removal Transparency Report" yang dirilis pekan lalu nih guys. Dalam laporan tersebut, Google mengungkap daftar negara-negara di dunia yang paling sering mengajukan request buat menghapus konten dari Google selama periode Januari sampai Juni 2021.


Nah, Indonesia ada di urutan pertama dikategori negara dengan permintaan penghapusan konten tertinggi berdasarkan jumlah item. Indonesia sendiri udah meminta Google buat menghapus lebih dari 500.000 URL lho. URL ini kebanyakan berisi website judi dan hal-hal yang melanggar undang-undang.


Pihak Google sendiri udah menghapus lebih dari 20.000 URL dan sedang meninjau sisanya. Kebanyakan konten yang diminta Indonesia buat dihapus oleh Google adalah konten yang mengandung unsur pelecehan agama, ujaran kebencian dan kekerasan, konten vulgar, blog, Google Docs, situs web, Google Play Apps, sampai channel YouTube lho.


Peringkat Indonesia ini diikuti sembilan negara lainnya yaitu Rusia, Kazakhstan, Pakistan, Korea Selatan, India, Vietnam, Amerika Serikat, Turki, dan Brazil.




Writer: Carissa Setyowatie - Senin, 25 Oktober 2021 11.08 WIB