Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032. Siapa Penggantinya Indonesia?


Image Source: Tempo

Indonesia harus gagal buat menjadi tuan rumah olimpiade 2032 dan digantikan oleh Brisbane. Indonesia sebelumnya telah bertarung melawan Brisbane, Budapest, China, Doha dan Jerman buat memperebutkan gelar tuan rumah olimpiade ini.

Nah, Komite Olimpiade Internasional (IOC) punya syarat-syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh calon tuan rumah jika ingin terpilih. Dalam perjalanannya, Brisbane dianggap paling cocok dengan keinginan IOC.

"Kami mendorong proyek-proyek Olimpiade yang berkelanjutan dan bertanggung jawab secara ekonomi, yang memberikan pengalaman Olimpiade terbaik bagi para atlet dan penggemar, dan yang meninggalkan warisan yang kuat bagi komunitas lokal," kata Presiden IOC Thomas Bach di laman Olimpiade.


"Visi dan rencana Pertandingan Brisbane 2032 sesuai dengan strategi regional dan nasional jangka panjang untuk pembangunan sosial dan ekonomi di Queensland dan Australia, dan melengkapi tujuan Gerakan Olimpiade yang digariskan dalam Agenda Olimpiade 2020 dan 2020+5, sambil berfokus pada penyediaan olahraga yang berkesan pengalaman bagi atlet dan penggemar." sambungnya.


Indonesia harus kalah dengan Brisbane karena persoalan infrastruktur yang diperkirakan jadi alasan utama mengapa Indonesia kalah dari Brisbane. Apalagi Indonesia tidak menunjuk satu kota spesifik yang akan jadi tuan rumah Olimpiade 2032, meski sudah memasuki tahap Continous Dialogue.





Writer: Carissa Setyowatie - Kamis, 22 Juli 2021 20.56 WIB