Imbas PPKM, Sekitar 1.500 Restoran Jabodetabek Harus Tutup


Image Source: Merdeka

Banyak pengusaha yang usahanya terkena imbas dari PPKM, khususnya pengusaha restoran. Kabarnya, 1.500 restoran terpaksa tutup akibat PPKM ini. Bahkan kalau PPKM diperpanjang, bakalan semakin banyak restoran yang terpaksa harus tutup.


Menurut Wakil Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bidang Restoran Emil Arifin, Covid-19 keadaannya makin parah, dan memukul bisnis restoran. Sebab, restoran selalu jadi sasaran utama pembatasan kegiatan. Di bulan Juli ini, sudah banyak restoran yang kehabisan nafas. Pak Emil menjelaskan banyak restoran yang sudah kolaps dan gulung tikar. Karena restoran selalu menjadi sasaran utama saat PSBB ataupun PPKM.


Lalu pak Emil menambahkan, di Jabodetabek sudah ada 1.033 restoran yang tutup permanen per Desember 2020 lalu, dan 400 lebih tutup sementara. Namun kabarnya, 400 restoran yang tutup sementara ini sudah tutup permanen. Jadi, total restoran yang gulung tikar sudah mencapai 1.500an restoran.


Nah, selama PPKM darurat dan berlanjut ke PPKM level 3 dan 4, restoran dilarang melayani dine-in atau makan di tempat. Mereka hanya diperbolehkan melayani pesan antar (delivery) dan beli untuk dibawa pulang (take away).





Writer: Carissa Setyowatie - Jumat, 23 Juli 2021 16.54 WIB