Ibu-Ibu Ngeluh Harga Minyak Goreng Tembus Rp 47ribu, Apa Penyebabnya?


Image Source: Bali Post

Harga minyak goreng yang tersedia di supermarket Kota Bandung harganya bikin para ‘Ibu-ibu’ kaget nih guys. Saking melambung tinggi, harga minyak goreng kemasan dua liter tembus mencapai Rp 47.900 lho! Hal ini pun jadi viral di media sosial.


Padahal, sebelumnya pemerintah harga minyak goreng kemasan 2 liter paling mahal adalah Rp 30.000. Nah, kabarnya hal ini disebabkan karena penghapusan harga eceran tertinggi atau HET yang dilakukan pemerintah.


Menurut Direktur Eksekutif Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI), Sahat Sinaga, penghapusan HET minyak goreng kemasan yang bikin harganya melambung bahkan sampai Rp25 ribu per liter.


Bahkan, harga minyak kemasan premium bisa tembus ke level Rp24.800 hingga Rp25 ribu per liter. Sementara, kemasan sederhana diantara harga Rp22.900 sampai Rp23 ribu per liter. Sebelumnya, pemerintah sempat menetapkan HET minyak goreng kemasan senilai Rp14 ribu akan tetapi dicabut dan disesuaikan dengan mekanisme pasar yang ada.


Nah, menganggapi hal ini Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, menjelaskan kalau kebijakan ini diambil pemerintah berdasarkan dari hasil rapat terbatas yang pengambilan keputusannya diambil dari perkembangan ketidakpastian global.


Belakangan ini pemerintah memantau perkembangan ketidakpastian global yang menyebabkan harga pasokan energi dan pangan naik dan langka, termasuk ketersediaan CPO minyak goreng nih guys.




Writer: Carissa Setyowatie - Kamis, 17 Maret 2022