Google dan Youtube Blokir AdSense Media Rusia


Image Source: Unsplash

Google membuat keputusan buat memblokir AdSense media-media yang didanai pemerintah Rusia, termasuk RT, sebagai bentuk sanksi invasi ke Ukraina. Google juga melarang media Rusia menerima iklan di video YouTube mereka.


Dalam pernyataan terpisah akhir pekan kemarin, YouTube mengatakan bakal menghentikan sementara sejumlah akun pemerintah Rusia. YouTube juga udah menghapus ratusan hingga ribuan video selama beberapa hari terakhir, termasuk akun praktik penipuan.


Meta juga membatasi konten di Rusia dan Ukraina atas perintah pemerintah Ukraina. Kepala kebijakan keamanan Meta Nathaniel Gleicher menyebarkan informasi ini di akun Twitter miliknya.

Terkait pembatasan penggunaan media sosial ini di Rusia, Kementerian Komunikasi Rusia mengklaim Facebook melanggar hak dan kebebasan warga Rusia. Mereka juga menuduh jaringan sosial telah menutup beberapa saluran media di Rusia.


Kepala urusan global perusahaan Nick Clegg membantah Meta telah melakukan penutupan akseswarga Rusia ke anak usaha Meta. Menurut Clegg pihaknya hanya sebatas membatasi penggunaan media sosial di bawah Meta, bukan menutupnya.




Writer: Carissa Setyowatie - Senin, 28 Februari 2022