Gojek Siap-Siap Ada di Thailand, Bersama Dengan AirAsia Group



Siapa sih yang gak tau maskapai low cost asal Malaysia, Airasia Group? Kabarnya nih, Airasia Group bakalan bermitra sama perusahaan decacorn Indonesia, Gojek. Bagian usaha digital Grup, irasia Digital, bakal mengakuisisi operasi Gojek di Thailand, yang bernama 'Get'.


Airasia Digital bakal mengakuisisi 100% saham di Velox Technology senilai $40 juta dan Velox Fintech sebesar $10 juta—anak perusahaan teknologi Gojek di Thailand. Sebagai imbalannya, Gojek akan mengakuisisi 4,76% kepemilikan saham di airasia Super App, yang nilai pasarnya diperkirakan mencapai $1 miliar.


Kesepakatan itu membawa airasia Super App, bisnis fokus utama Airasia Digital, memperkuat kehadirannya di ASEAN. Gojek juga bakalan dapat meningkatkan investasi di operasinya di Singapura dan Vietnam.


Diambil dari Forbes Indonesia, Tony Fernandes, CEO airasia group mengatakan

“awal dari kemitraan strategis jangka panjang yang luar biasa dengan Gojek yang pasti akan mengguncang industri ini. Dengan mengambil alih bisnis Gojek yang sudah mapan di Thailand, kami akan dapat memenuhi ambisi kami di bidang ini untuk menjadi aplikasi super penantang Asean terkemuka."


“airasia Digital dan airasia Super App akan menjadi mitra yang sangat berharga bagi kami karena kami memiliki tujuan yang sama untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada pengguna, sekaligus meningkatkan mata pencaharian pengemudi dan merchant. Pada saat yang sama, kesepakatan ini akan memungkinkan kami untuk mengalihkan fokus kami di pasar internasional menuju Vietnam dan Singapura - pasar yang memberi kami pengembalian investasi terbaik dan peluang pertumbuhan strategis, ”kata CEO Gojek, Kevin Aluwi, dalam sebuah pernyataan.


Airasia Super App pertama kali diumumkan pada Oktober 2020. Airasia Super App adalah platform satu atap untuk penerbangan, hotel, pengiriman makanan, bahan makanan, kecantikan, kesehatan, media, dan banyak lagi. Selain Super App, fokus utama Airasia digital lainnya adalah logistik dan fintech.




Image Source: instagram.com/forbesIndonesia

Writer: Carissa Setyowatie