Gimana Ya Jadinya Kalau Musik Dangdut Mendunia?


Image Source: instagram.com/cafedangdut_newyork

Pernah kebayang gak sih gimana jadinya kalau musik dangdut yang jadi musik khas Indonesia go international?


Ternyata hal ini bukan sesuatu yang mustahil buat musik dangdut nih guys. Buktinya, ada salah satu cafe di New York yang bernuansa musik dangdut lho! Yup, Cafe Dangdut New York resmi hadir di Times Square, Manhattan, New York, Jumat (9/9) waktu AS. Peresmian ini dilakukan berbarengan dengan acara Indopop Movement di depan tangga merah Times Square.


Acara ini juga dihadiri oleh Konjen RI New York Arifi Saiman lho! Pak Arifi berharap dengan adanya Cafe Dangdut New York ini bisa jadi titik awal Cafe Dangdut di AS sekaligus promosi musik dangdut di dunia.


Buat yang belum tau, Indopop Movement dan Cafe Dangdut adalah cara yang dibuat untuk mempromosikan musik dangdut dan kopi Indonesia di AS serta memfasilitasi artis Indonesia untuk berkiprah meniti karier AS lewat kerja sama dengan label ternama setempat.


Lagu-lagu dangdut hits seperti Kopi Dangdut, ABG Tua, dan Cafe Dangdut berhasi diperdendangkan di Times Square lho. Cool!


Ngomong-ngomong soal dangdut, tau gak sih lo ternyata musik dangdut ini adalah perpaduan musik lokal khas Indonesia dengan musik film India dan Malaysia, serta musik rock Barat. Perpaduan gaya ini digunakan pertama kali di Jakarta, sekitar akhir tahun 1960-an. Kemudian gaya ini mencapai puncak popularitasnya pada tahun 1970-an serta 1980-an.


Awal mula musik dangdut lahir di Indonesia, ternyata karena banyaknya pengaruh musik India dalam film Bollywood yang berjudul ‘Boneka India’. Sekitar tahun 1950-an, film Bollywood ini lagi populer banget di kalangan masyarakat Indonesia. Akhirnya di tahun 1968, Rhoma Irama jadi salah satu pelopor musik dangdut di Indonesia. Bahkan sekarang ini nih, Rhoma Irama dijukuki ‘Raja Dangdut’ Indonesia!





Writer: Carissa Setyowatie - Kamis, 30 September 2021 16.32 WIB