Gak Cuma Menunjukan Kasih Sayang, Ternyata Sebuah Pelukan Punya Manfaat Untuk Tubuh Lho!


Image Source: Unsplash

Dalam hidup, setiap orang pasti pernah berpelukan. Kita memeluk orang lain ketika kita senang, bahagia, sedih, atau mencoba menghibur. Secara universal, kita biasa mengartikan sebuah pelukan itu adalah bentuk kasih sayang. Tapi tau gak sih lo, kalau berpelukan terbukti membuat kita lebih sehat dan bahagia.


Menurut para ahli, ada banyak manfaatyang bisa kita dapat dari memeluk ataupun berpelukan. Ini dia manfaatnya!


1. Pelukan mengurangi stres

Ketika teman atau anggota keluarga lo menghadapi kondisi yang gak menyenangkan dalam hidup mereka, beri mereka pelukan. Karena menurut para ilmuwan memberikan dukungan kepada orang lain melalui sentuhan bisa mengurangi stres orang yang dihibur. Gak cuma itu, bahkan orang yang memberikan hiburan bisa mengurangi stres.


2. Pelukan Bisa Melindungi Dari Penyakit

Selain mengurangi stres, pelukan juga bisa bikin lo lebih sehat. Dari sebuah penelitian, terhadap lebih dari 400 orang dewasa, para peneliti menemukan kalau dengan berpelukan dapat mengurangi kemungkinan seseorang jatuh sakit. Seseorang yang memiliki support system yang lebih besar kemungkinan bakal jatuh sakit dan memiliki gejala yang lebih ringan dibandingkan mereka yang memiliki sedikit atau tanpa support system.


3. Pelukan bisa meningkatkan kesehatan jantung

Menurut ahli, pelukan bisa baik untuk kesehatan jantung lho! Para ilmuwan melakukan penelitian dengan membagi kelompok yang terdiri dari 200 orang dewasa menjadi dua kelompok:

  • Satu kelompok pasangan romantis berpegangan tangan selama 10 menit diikuti dengan pelukan 20 detik satu sama lain.

  • Kelompok lain berisikan pasangan romantis yang duduk diam selama 10 menit dan 20 detik.

Orang-orang di kelompok pertama menunjukkan penurunan tingkat tekanan darah dan detak jantung yang lebih besar daripada kelompok kedua. Menurut penelitian ini, hubungan melibatkan kasih sayang baik buat kesehatan jantung lo.


4. Pelukan bisa membuat lebih bahagia

Oksitosin adalah bahan kimia dalam tubuh kita yang kadang-kadang oleh para ilmuwan disebut "hormon pelukan". Ini karena levelnya naik ketika kita memeluk, menyentuh, atau duduk dekat dengan orang lain. Oksitosin dikaitkan dengan kebahagiaan. Para ilmuwan telah menemukan kalau hormon ini memiliki efek yang lebih kuat pada wanita. Oksitosin menyebabkan penurunan tekanan darah dan hormon stres norepinefrin.


5. Pelukan dapat membantu mengurangi rasa Takut

Para ilmuwan telah menemukan bahwa sentuhan dapat mengurangi kecemasan pada diri seseorang. Sentuhan juga bisa mencegah orang mengasingkan diri ketika diingatkan dengan hal-hal yang menyedihkan. Selain berpelukan dengan seseorang, memeluk boneka beruang juga bisa membantu mengurangi ketakutan lho!


6. Pelukan dapat membantu mengurangi rasa sakit

Ternyata, beberapa bentuk sentuhan bisa mengurangi rasa sakit yang kita rasakan. Dalam satu penelitian, orang dengan fibromyalgia memiliki enam perawatan sentuhan terapeutik. Setiap perawatan melibatkan sentuhan ringan pada kulit. Dari penelitian ini, para peserta melaporkan peningkatan kualitas hidup dan berkurangnya rasa sakit.


7. Pelukan membantu lo berkomunikasi dengan orang lain

Sebagian besar komunikasi manusia terjadi secara verbal atau lewat ekspresi wajah. Tetapi sentuhan adalah cara penting lainnya agar orang dapat mengirim pesan satu sama lain. Kita bisa mengekspresikan berbagai emosi kepada orang lain dengan menyentuh berbagai bagian tubuh mereka. Beberapa emosi yang bisa diungkapkan antara lain marah, takut, jijik, cinta, syukur, bahagia, sedih, dan simpati. Memeluk adalah jenis sentuhan yang sangat nyaman dan komunikatif.


Sebenarnya berapa banyak sih pelukan yang kita butuhkan?

Terapis keluarga Virginia Satir menjelaskan, kalau kita membutuhkan empat pelukan sehari untuk bertahan hidup, 8 pelukan sehari untuk pemeliharaan dan 12 pelukan sehari untuk pertumbuhan. Walaupun kedengarannya terlalu banyak pelukan yang harus dilakukan, nyatanya banyak pelukan lebih baik daripada kurang pelukan nih guys.


Jadi, berapa banyak pelukan yang harus dilakukan dalam sehari untuk kesehatan yang optimal?


Kita harus mendapatkan pelukan sebanyak mungkin jika kita ingin menuai efek positif terbesar. Tapi sayangnya, kebanyakan orang saat ini kekurangan sentuhan. Banyak orang hidup menyendiri sehingga kurangnya interaksi sosial yang bikin sentuhan juga berkurang.


Kalau lo ingin merasa lebih baik, mengurangi stres, meningkatkan komunikasi, dan menjadi lebih bahagia dan lebih sehat, gak usah ragu buat meminta ataupun memberikan pelukan.





Writer: Carissa Setyowatie - Kamis, 16 September 2021 13.35 WIB