Facebook Sadar Kalau Instagram Bawa Pengaruh Buruk Buat Kesehatan Mental


Image Source: Unsplash

Tau gak sih lo, menurut laporan The Wall Street Journal ternyata Facebook meneliti bagaimana Instagram memengaruhi pengguna selama tiga tahun terakhir. Hasil penelitian mengatakan, Instagram berbahaya atau berdampak negatif khususnya buat remaja putri. Laporan perusahaan menulis kalau Instagram memperburuk masalah citra tubuh satu dari tiga gadis remaja.


Menurut dokumen Wall Street Journal, Facebook menemukan hampir sepertiga (32%) gadis remaja merasa lebih buruk tentang tubuh mereka setelah masuk ke Instagram. Menurut laporan, kesehatan mental anak muda dirusak karena waktu yang mereka habiskan di media sosial.


Sebuah statistik, bagian dari presentasi yang diposting ke papan pesan internal Facebook pada Maret 2020, menambahkan: “Perbandingan di Instagram dapat mengubah cara wanita muda melihat dan menggambarkan diri mereka sendiri.” Sebuah slide yang dilihat oleh Wall Street Journal menyatakan bahwa Instagram memperburuk masalah citra tubuh. Pada saat yang sama, yang lain menyoroti cara remaja percaya ada hubungan yang kuat antara tingkat depresi dan kecemasan dengan penggunaan Instagram. Lebih buruk lagi, yang lain konon mengatakan bahwa 13% pengguna remaja Inggris dan 6% pengguna remaja AS menelusuri keinginan untuk bunuh diri ke Instagram.


Sementara itu, menurut Vice, perwakilan Florida Kathy Castor mendaftarkan studi yang menunjukkan sebaliknya, bahwa tingkat bunuh diri remaja dan depresi meningkat dengan penggunaannya, Zuckerberg juga menyatakan bahwa dia belum membaca studi tersebut. Data tersebut ternyata hanya disimpan untuk kajian internal, dan tidak diungkapkan ke publik. Akibatnya, ketika dipanggil oleh Kongres Amerika Serikat pada Maret 2021, CEO Facebook Mark Zuckerberg menyebut pengalaman menggunakan media sosial untuk anak muda “umumnya positif.”




Writer: Carissa Setyowatie - Minggu, 28 November 2021