Di Pameran Kopi Turki, Indonesia Berhasil Jual 600 Ton Biji Kopi


Image Source: KJRI Turki

Lewat pameran kopi di Turki, pengusaha kopi Indonesia berhasil meraih pembelian 30 kontainer kopi atau setara dengan 600 ton biji kopi Nusa Tenggara Barat (NTB). Pameran Coffex Istanbul di Turki ini, digelar mulai dari 15-18 September 2021.  

Konsul Jenderal RI di Istanbul, Imam As’ari, menjelaskan kalau tahun ini jadi tahun pertama Indonesia mengikuti Coffex Istanbul 2021 dan langsung menjadi Focus Country lho. KJRI Istanbul memfasilitasi empat pengusaha kopi Indonesia, yaitu Java Preanger Lestari Mandiri, Komunitas Eksportir Muda Indonesia (KEMI) Turki, Entur Coffee, dan Ephraim Coffee Indonesia. 

Para partisipan menampilkan lebih dari 20 kopi khas Indonesia, dengan beragam cita rasa, gak ketinggalan dengan produk teh dan gula merah. Produk yang jadi primadona Indonesia adalah lain Luwak Coffee, Java Preanger, Honey Coffee, Temanggung Robusta, Bogor Paseban Robusta, Java Ijen, Bali Belantih Kintamani, Sumatera Arabika Gayo, Lombok Arabica dan Robusta, dan Java Mekar Wangi dan Java Orange. 

Selain berhasil meraih penjualan 30 kontainer kopi, Pak Imam mengungkapkan kalau ada pengusaha kopi Turki yang berminat buat membuka kedai khusus kopi Indonesia.





Writer: Carissa Setyowatie - Senin, 20 September 2021 12.50 WIB