Di India, Harga Tes PCR Cuma 96 Ribu


Image Source: Klik Dokter

Lagi hangat dibicarakan nih guys, harga tes polymerase chain reaction (PCR) di India yang jauh lebih murah dari Indonesia.


Menurut India Today, Kamis (12/8), harga tes PCR di India semakin murah setelah pemerintah menurunkan harga tes yang awalnya dari 800 rupee atau sekitar Rp 150 ribu menjadi 500 rupee atau Rp 96 ribu berdasarkan kurs hari ini. Tes antigen cepat di India saat ini hanya 300 rupee atau sekira Rp 58 ribu. Murah banget kan?


Gak cuma itu, pemerintah India juga menginstruksikan seluruh laboratorium untuk memastikan bahwa pemprosesan sampel, pembagian laporan, dan pembaharuan di portal Covid-19 semuanya selesai dalam 24 jam lho.


Sementara di Indonesia nih, harga tes PCR biasanya dimulai Rp 800 ribu sampai jutaan rupiah kalau ingin hasil keluar lebih cepat. Jangka waktunya juga beragam, ada yang 24 jam atau juga yang harus nunggu beberapa hari.


Mengenai hal ini, Kemenkes telah menetapkan tarif tertinggi untuk swab PCR mandiri yaitu Rp 900 ribu. Keputusan ini dibuat karena harga tes PCR yang ditawarkan terlalu mahal. Buat rapid test antigen, pemerintah telah menetapkan harga tertinggi maksimal Rp 250 ribu untuk di Pulau Jawa sedangkan untuk di stasiun KAI dikenai harga Rp 105 ribu per orang khusus penumpang KA jarak jauh.


Kapan ya harga tes PCR di Indonesia bisa sama seperti di India atau bahkan lebih murah?





Writer: Carissa Setyowatie - Kamis, 12 Agustus 2021 19.29 WIB