Dampak Pandemi Terberat Menurut Masyarakat. Ada Apa Aja Ya?


Image Source: Unsplash

Pandemi Covid-19 yang udah kita lalui selama setahun lebih ini, emang menimbulkan banyak dampak yang mempengaruhi kehidupan kita. Mulai dari kehilangan kerabat, perekonomian yang mandek dan masih banyak lagi.


Tapi tau gak sih lo? Menurut survei Charta Politika, berkurangnya penghasilan jadi dampak utama pandemi Covid-19 yang paling dirasakan masyarakat lho. Charta Politika melakukan survei dengan 1.200 responden di seluruh Indonesia pada 12-20 Juli 2021. Survei ini menggunakan metode sampel acak bertingkat (multistage random sampling) dengan tingkat toleransi kesalahan (margin of error) lebih dari 2,83% dan tingkat kepercayaan 95% nih guys.


Sebanyak 60,3% masyarakat setuju, kalau penghasilannya berkurang selama pandemi. Banyak kebijakan yang diterapkan pemerintah, tapi malah berimbas pada berkurangnya penghasilan masyarakat.


Selain itu, 16,1% responden menilai dampak yang mereka rasakan akibat pandemi adalah kehilangan pekerjaan. Kemudian, 6% responden yang harus belajar secara daring, 3,1% responden menilai pandemi corona membuat mereka harus membiasakan diri buat melakukan 5M.


Lalu, sebanyak 2,6% responden mengatakan kalau pandemi corona mengharuskan mereka buat bekerja dari rumah. Sedangkan, 2% responden mengatakan pandemi corona bikin mereka lebih taat beribadah.





Kalo lo, apa dampak pandemi yang lo rasain?