Co-Founder Sebut Wikipedia Sudah Gak Bisa Dipercaya!


Image Source: Business Insider

Siapa sih yang gak tau situs Wikipedia? Pastinya pada tau dong! Situs ini terkenal dengan segudang informasi yang dimiliki. Tapi, ada pernyataan mengejutkan muncul dari mulut co-founder Wikipedia, Larry Sanger yang mengatakan Wikipedia kini sudah tidak bisa dipercaya.


Hal ini, disampaikan Sanger di acara Lockdown TV milik UnHerd pada Rabu, 14 Juli 2021, kemarin. Sanger juga menambahkan kalau dirinya menciptakan Wikipedia tahun 2001 dengan netral, jadi gak ada tuh yang namanya subjektif.


Tapi, menurut Sanger, Wikipedia yang sekarang malah menjadi situs propaganda. Khusus isu-isu politik Amerika, Wikipedia bakalan memblokir pandangan-pandangan yang lebih konservatif.


Sanger mengatakan, Wikipedia kini isinya adalah sudut pandang yang subjektif, ketimbang sudut pandang yang beragam. Ada kekuatan politik yang mencoba menjadikan Wikipedia sebagai kebenaran satu versi saja.


"Dan mereka melakukan itu. Permainan rumit, besar, dan jahat di balik layar untuk membuat sebuah artikel mengatakan apa yang mereka ingin katakan" ujarnya.


Terkait dengan aneka kritikan Sanger kepada Wikipedia, pihak Wikipedia belum memberikan komentar apa pun nih.



Siapa disini pengguna setia Wikipedia kalau lagi ngerjain tugas?





Writer: Carissa Setyowatie - Rabu, 21 Juli 2021 15.22 WIB