Bubur Instan Buatan Mahasiswa IPB Ini Jadi Inovasi Pencegahan Penyakit Stroke


Image Source: IPB

Dalam rangka memperingati Hari Stroke Sedunia, yang diperingati setiap 29 Oktober. Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil membuat bubur instan bernama 'Burbus', yang kabarnya bisa mencegah penyakit stroke lho!


Rencananya, lewat produk Burbus ini, para mahasiswa IPB mengharapkan bisa membantu mengatasi permasalahan kasus stroke di Indonesia lewat produk pangan. Inovasi Burbus ini adalah bagian dari Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K).


Mariana Kristin Siregar sebagai ketua tim, menjelaskan kalau bubur inovasi mahasiswa IPB ini, dibuat dari bahan utama ikan gabus yang punya kandungan albumin tinggi. Kandungan albumin ini, berfungsi buat untuk meningkatkan aliran darah ke otak, memperbaiki edema pada otak dan mencegah terjadinya malnutrisi.


Produk ini juga menggunakan bahan baku lainnya seperti rumput laut Sargassum sp. dan minyak ikan lemuru. Rumput laut Sargassum sp. punya kandungan senyawa fukoidan yang berfungsi sebagai antiinflamasi, antitrombotik, antioksidan serta menghambat degenerasi sel-sel pada neuron otak.


Selain itu, Ibu Mariana menjelaskan kandungan Omega-3 yang ada pada minyak ikan lemuru, bisa memperbaiki fungsi endotel dan meningkatkan High Density Lipoprotein (HDL) lho. Produk Burbus ini punya tiga varian rasa yaitu bayam, wortel, dan kacang polong.


Kerennya, program ini mendapat pendanaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI. Selain Mariana Kristin, produk ini juga dikerjakan bersama Budiono Ujaya Putra, Dion Kurnia Alfarobi Enda, Windy Jelita Noyasari, dan Aditya Rizqi Hafidzuddin.


Siapa nih yang berniat buat nyoba bubur anti stroke karya anak bangsa ini?





Writer: Carissa Setyowatie - Rabu, 13 Oktober 2021 13.43 WIB