Buat Lo Yang Sering Pakai Baju Warna Cerah, Ternyata Bisa Bikin Bahagia?


Image Source: Metro.co.uk

Saat ini fashion emang udah jadi salah satu bagian dari kehidupan modern. Bahkan, fashion khususnya pakaian udah jadi suatu kebutuhan pokok. Ditambah lagi di era pandemi seperti ini, kita pasti mencari kebahagiaan kita sendiri karena sulitnya mengakses hal-hal yang biasanya bikin kita happy dengan mudahnya. Nah, berbelanja barang fashion jadi salah satu stress relief banyak orang buat saat ini.


Tapi tau gak sih lo kalau hanya dengan pakaian yang kita gunakan bisa mempengaruhi banyak hal lho, contohnya mood lo! Apakah lo pernah lo ngerasa, ketika lo menggunakan pakaian yang cerah bisa bikin mood lo lebih bahagia? Kalau lo lagi ngalamin ini, bisa jadi lo lagi ngalamin yang namanya Dopamine Dressing!

Ditambah lagi di era pandemi seperti ini, kita pasti mencari kebahagiaan kita sendiri karena sulitnya mengakses hal-hal yang biasanya bikin kita happy dengan mudahnya.

Apa sih Dopamine Dressing itu?


Menurut Maria Costantino, dosen studi budaya dan sejarah di London College of Fashion, perasaan yang ditimbulkan oleh Dopamine Dressing ini sama halnya kayak perasaan lo ketika membeli atau memakai pakaian baru. Happy kan pastinya?


Dopamine dressing jadi sebuah istilah dalam psikologi fashion buat menjelaskan fenomena psikologi yang berkaitan dengan warna pakaian tertentu yang bisa memengaruhi mood lo jadi lebih positif karena hormon dopamine yang dihasilkan.


Interpretasi warna universal menstimulasi emosi, seperti merah yang meningkatkan kepercayaan diri dan keatraktifan, biru yang bermakna ketenangan dan kreativitas, atau warna hitam yang berkesan powerful dan elegan. Gak cuma sampai disitu, pemaknaan ini gak terbatas cuma pada warna, tapi juga pada faktor lainnya, misalnya pada tekstur, desain, motif mencolok, dan lainnya.

perasaan yang ditimbulkan oleh Dopamine Dressing ini sama halnya kayak perasaan lo ketika membeli atau memakai pakaian baru. Happy kan pastinya?
Image Source: Mens Folio

Hormon Dopamine atau hormon bahagia ini punya banyak fungsi mulai dari penghargaan diri, motivasi, memori, dan perhatian. Ketika dopamin dilepaskan dalam jumlah besar, itu menciptakan perasaan senang dan penghargaan yang memotivasi kita buat mengulangi perilaku tertentu.


Profesor Karen Pine dari Universitas Hertfordshire melakukan penelitian di tahun 2012, tentang 'dopamine dressing' ini dan menemukan fakta ketika seseorang mengenakan pakaian yang bernilai simbolis untuk mereka, kepercayaan diri mereka pun meningkat. Penelitian tersebut gak secara khusus dikaitkan dengan warna pakaian, tapi warna tertentu yang memiliki kualitas terapeutik udah diteliti selama beratus-ratus tahun.


Shakaila Forbes-Bell psikolog mode, konsultan, dan pendiri situs web Fashion Is Psychology juga setuju kalau ada warna tertentu yang kita kaitkan dengan emosi tertentu.


Nah, kalau lo tertarik buat menenerapkan Dopamine Dressing dihidup lo supaya mood lo setiap harinya bisa terkontrol, lo bisa terapkan beberapa cara dari Psykhe Fashion:


  • Memilih pakaian yang disukai, secara tekstur bahan, model dan warna

  • Hirup aroma wanginya, dan raba bahannya perlahan sambil menentukan pakaian mana yang ingin dikenakan

  • Pertimbangkan dengan kegiatan yang akan dilakukan dan selalu utamakan kenyamanan

  • Padukan dengan aksesori atau busana lain yang membuat kegiatan memilih dan menentukan pakaian jadi menyenangkan


Banyak cara yang bisa lo lakukan buat mengembalikan mood lo, salah satunya lewat fashion dan pakaian. Gak sampai disitu, lo juga harus bisa menemukan mood booster lo melalui hal lain. Jangan lupa untuk cari kesenangan lo sendiri ya!

Jangan lupa untuk cari kesenangan lo sendiri ya!


Writer: Carissa Setyowatie - Jumat, 18 Maret 2022