Benci Hari Senin? Bisa Jadi Lo Mengalami ‘Monday Blues’!


Image Source: Unsplash

Buat banyak orang, biasanya hari Senin jadi hari terberat buat dimulai. Bahkan, saking menyebalkannya sampai muncul tagline 'I Hate Monday' lho! Nah ada studi yang mengatakan, kalau suasana hati atau mood orang ada di titik terendah pada Hari Senin.


Senin jadi hari yang paling gak disambut dengan baik terutama buat para pekerja dan pelajar. Sampai-sampai ada beberapa musisi menciptakan lagu yang terinspirasi dari dibencinya Hari Senin ini. Mulai dari ‘I Don't Like Mondays’ dari Boomtown Rats, ‘Manic Monday’ dari Bangles dan ‘Rainy Days and Mondays’ yang dipopulerkan The Carpenters.



Apa sih yang bikin orang-orang benci hari Senin?


Menurut ahli neuroscience dan penulis buku 'Life With Breath' Ed Harrold, sebenarnya kebanyakan orang gak membenci harinya, melainkan persepsi mereka yang diharuskan memulai aktivitasnya lagi di hari Senin setelah menikmati akhir pekan.


Psikolog Sanam Hafeez menjelaskan, kalau di akhir pekan tubuh dan otak lebih santai karena gak perlu memikirkan pekerjaan. Begitu hari Senin tiba, lo harus memasang mode 'kerja' ataupun ‘belajar’ dan mempersiapkan mental buat kembali beraktivitas.


Selain itu, perubahan pola tidur juga sangat mempengaruhi mood kita buat menghadapi hari Senin. Menurut para ilmuwan, jam tidur ekstra di akhir pekan cuma bikin lo lebih lelah yang bikin lo kesulitan buat bangun pagi di hari Senin.


Ditambah lagi ada studi yang mengatakan, 70 persen orang benci atau gak benar-benar into dengan pekerjaan mereka. Hal ini ternyata meningkatkan ‘Monday Blues’ lho, yaitu perasaan depresi dan kecemasan yang dimulai pada Minggu malam, yang bisa menyebakan hari Senin lo jadi kurang produktif.



Nah, gimana sih cara kita mengatasi rasa benci Hari Senin ini? Ini dia beberapa tipsnya!


1. Tinggalkan pekerjaan saat weekend

Monday blues bisa menyerang kapan aja. Apalagi kalau lo masih bekerja di akhir pekan. Kebiasaan lo yang sering membuka email pekerjaan saat weekend ternyata juga memicu Monday blues di Senin harinya lho!


Coba deh manfaatkan akhir pekan lo buat menenangkan badan dan pikiran. Matikan notifikasi saat akhir pekan tiba, selain itu hindari aktivitas terkait pekerjaan.


2. Dapatkan kualitas dan jam tidur yang baik

Saat weekend tiba, lebih banyak aktivitas yang dilakukan bareng teman ataupun keluarga. Walaupun akhir pekan, ternyata lo harus tetap tidur sekitar 7-9 jam sehari. Hal ini harus dilakukan buat menghindari rasa gelisah bahkan depresi yang akhirnya bakal menyebabkan Monday blues. Walaupun harus punya tidur yang berkualitas, jangan lupa lupa buat have fun ya!


3. Rencanakan sesuatu yang menyenangkan

Coba deh lakukan hal yang menyenangkan di hari Senin! Misalnya, pikirkan makan siang yang bikin mood lo bertambah. Atau lo bisa membuat janji untuk makan siang bareng sahabat, teman sekantor ataupun gebetan. Hal-hal ini bisa bikin hari Senin lo jadi lebih happy.


4. Sisakan waktu untuk bermeditasi

Sempatkan waktu lo 5 menit aja, di Sabtu atau Minggu pagi buat bermeditasi. Penelitian mengatakan walaupun lo cuma bermeditasi 2 menit per hari, otak udah bisa mendapatkan efek positifnya kalau dilakukan secara rutin. Selain itu, meditasi juga melatih pernapasan lo yang bisa ngebantu lo buat lebih tenang dan fokus. Buat lebih jelasnya, ini dia manfaat meditasi buat mengatasi Monday Blues lo!


  • Memperoleh perspektif baru untuk menghadapi situasi yang membuat stres

  • Membangun keterampilan untuk mengelola stres

  • Meningkatkan kesadaran diri

  • Mengurangi emosi negatif

  • Meningkatkan imajinasi dan kreativitas

  • Meningkatkan kesabaran dan toleransi



Apakah lo tim Monday Blues atau nggak nih?