Arab Saudi: Kirim Emoji Love Di Whatsapp Bisa Dipenjara dan Denda


Image Source: Voonze

Kalau lo termasuk orang yang suka berekspresi saat bertukar pesan dengan emoji lo harus berhati-hati nih guys. Karena mengirim emoji love lewat WhatsApp di Arab Saudi secara sembarang bisa dipenjara dan denda ratusan juta hingga miliaran rupiah lho.


Arab Saudi memberlakukan Undang-undang Anti-Pelecehan Seksual yang bisa menjebloskan orang ke penjara kalau mengirim emoji hati menggunakan pesan instan kepada pengguna lain tanpa persetujuan termasuk tindakan kejahatan pelecehan seksual


Pelecehan didefinisikan bahwa setiap pernyataan, tindakan, atau isyarat yang berkonotasi seksual yang dilakukan oleh seorang terhadap orang lain yang menyentuh tubuh atau kehormatannya atau melanggar kesopanan dengan cara atau perantara apapun termasuk teknologi modern.


Pengirim bakal dimintai pertanggungjawaban atas pelanggaran tersebut jika penerima pesan melaporkan ke kepolisian. Kalau terbukti bersalah pengirim bakal dipenjara selama dua hingga lima tahun dan/atau denda 100 ribu riyal atau kisaran Rp 380 juta. Kalau hal ini diulangi maka bisa didenda 300 ribu riyal atau sekitar Rp1,1 miliar dan penjara lima tahun.




Writer: Carissa Setyowatie - Selasa, 15 Februari 2022