Apple Luncurkan Macbook Pro Terbaru Dengan Chipset Yang Lebih Canggih!


Image Source: Apple

Ada berita terbaru nih buat para pecinta produk Apple! Karena Apple baru aja meluncurkan Macbook Pro terbaru mereka lewat event Unleashed Selasa dini hari (19/10). Macbook Pro terbaru ini udah dilengkapi dengan chipset buatan perusahaan M1 Pro dan M1 Max.


Sebelumnya nih, Apple udah mulai menggunakan chipset buatan sendiri di edisi Mac keluaran akhir 2020 lalu dengan chip M1. Perbedaan chipset M1 dengan M1 Pro dan M1 Max adalah kekuatan prosesor yang jauh lebih besar dengan system-on-chips (SoCs) yang mengkombinasikan CPU, GPU dan RAM dalam satu paket.


Untuk tampilannya, Macbook Pro terbaru ini dihiasi dengan notch atau poni seperti iPhone. Diponi tersebut ada kamera FaceTime dengan resolusi 1080p yang dilengkapi sensor gambar yang lebih besar, dan chip pengolah gambar (ISP) untuk memproses hasil foto atau video.


MacBook Pro 2021 menyediakan dua model ukuran layar, yaitu 14,2 inci dan 16,2 inci. Kedua model ini memiliki bezel yang kini diklaim lebih tipis dengan lebar 3,5 mm. Layarnya sendiri mengadopsi panel mini-LED Liquid Retina XDR Display dengan tingkat kecerahan maksimal 1.600 nits, yang dibekali fitur ProMotion Display.


M1 Pro terdiri dari prosesor (CPU) 8-core atau 10-core dengan pengolah grafis (GPU) 16-core, dengan dukungan RAM hinga 32 GB. Sementara itu, M1 Max terdiri dari CPU 10-core dan GPU 24-core atau 32-core, dengan dukungan RAM hingga 64 GB.


Nah, bagian yang terpenting adalah baterai nih guys. Gak perlu khawatir, karena baterai MacBook Pro 2021 14 inci diklaim punya daya tahan 17 jam saat dipakai buat memutar video, sedangkan model 16 inci punya waktu playback video hingga 21 jam. Pengisian baterai dilakukan dengan konektor MagSafe 3 yang hadir lagi setelah sempat digantikan oleh USB C. Selain MagSafe, duo MacBook Pro terbaru juga punya deretan konektor lain yang lebih lengkap dibandingkan laptop terdahulu.


Di sisi sebelah kanan, ada 1x port HDMI, 1x port Thunderbolt 4, dan 1x modul card reader SDXC. Sementara itu, di sebelah kirinya ada 1x port MagSafe 3, 2x port Thunderbolt 4, dan 1x audio jack 3,5 mm.




Writer: Carissa Setyowatie - Selasa, 19 Oktober 2021 13.53 WIB