Ada Penelitian Yang Membuktikan Kalau Pria Ternyata Lebih Sulit Move On lho!


Image Source: Unsplash

Ada Penelitian Yang Membuktikan Kalau Pria Ternyata Lebih Sulit Move On lho!


Putus cinta ataupun perceraian emang hal yang gak mudah buat banyak orang. Ngomongin tentang putus cinta, banyak orang yang mengira kalau perempuan lebih susah buat move on daripada pria lho.


Eitss jangan salah, menurut penelitian yang dilakukan SAGE Journals dengan judul ‘Personality at Midlife: Stability, Intrinsic Maturation, and Response to Life Events’ menemukan kalau pria ternyata cenderung lebih susah move on daripada perempuan nih guys!


Peneliti mencoba melakukan riset pada 2.000 pria dan perempuan yang bercerai. Setelah 6-9 tahun kemudian, peneliti mengunjungi lagi pria dan perempuan tersebut. Hasilnya adalah pria cenderung gak bisa melupakan hubungan masa lalunya dengan baik, terutama mantan yang paling berkesan.


Memang benar, perempuan bakal merasa sangat terpukul dan terjatuh di awal perpisahan. Bahkan perempuan biasanya butuh waktu bertahap buat menyembuhkan lukanya. Sedangkan pria, justru merasa lega, bebas dan bahkan bahagia di awal perpisahan. Tapi lama kelamaan, biasanya pria bakal merasa kehilangan dan lebih susah melepaskan kenangan seiring berjalannya waktu.



Apa sih alasannya pria jadi susah move on?


1. Pria lebih tertutup terhadap perasaan mereka

Pria lebih cenderung menutupi perasaan mereka dan menyimpan kesedihan mereka sendiri, yang akhirnya bikin lebih susah move on.


2. Lebih sulit bagi pria buat memulai hubungan baru

Alasan lain kenapa pria lebih susah buat move on adalah karena sulit buat memulai hubungan baru. Wanita lebih mudah beradaptasi setelah putus cinta. Karena pada dasarnya, wanita udah punya antisipasi saat kemungkinan terburuk terjadi dalam suatu hubungan. Nah, sebagian pria seringkali gak memikirkan kemungkinan yang bakal terjadi. Selain itu, trauma juga bisa bikin kita makin sulit buat melupakan apa yang terjadi.


3. Wanita yang selalu diidamkan.

Alasan lain kenapa pria sulit move on adalah karena mantan pasangannya termasuk kedalam tipe wanita mereka. Wanita ini udah jadi ‘The One’ dalam hal fisik maupun sifat. Tapi sayangnya, kenyataan gak berjalan sesuai rencana.





Writer: Carissa Setyowatie - Kamis, 30 September 2021