70 Persen Orang Indonesia Beli Makanan Online Untuk Atasi Jenuh Selama WFH


Image Source: Unsplash

Siapa sih yang gak pernah order makanan online? Selain karena pandemi yang bikin kita gak bisa kemana-mana, order makanan secara online dinilai lebih praktis. Tapi tau gak sih lo, kalau ada penelitian yang mengatakan kalau pesan makanan secara online buat atasi kejenuhan mereka selama WFH lho!


Penelitian ini dilakukan oleh Dr Ray Wagiu Basrowi dari Health Collaborative Center (HCC). Dari 3.806 responden, 70 persen diantaranya mengatakan kalau mereka mengatasi kejenuhan mereka dengan pesan makanan online. Dan 45 persen responden mengatakan secara implusif membeli makanan online untuk meredakan stress dan rasa bosan saat WFH. Kondisi ini bisa dikategorikan sebagai Coping Stress.



Apasih Coping Stress itu?


Lazarus dan Folkman (Mashudi, 2012) menjelaskan istilah coping adalah proses dalam mengatur atau mengatasi tekanan secara internal maupun eksternal, yang dianggap bisa membebani batas kemampuan dari individu. Sedangkan stres punya pengertian gangguan pada tubuh dan pikiran yang disebabkan oleh perubahan lingkungan dan tuntutan kehidupan. Dan dari penjelasan diatas Coping Stress adalah cara menghadapi stress yang lagi kita alami.


Ada dua macam bentuk Coping Stress nih guys, yaitu (problem-focused coping strategies) dan (emotional-focused coping strategies). Kedua bentuk coping ini bakal dijelaskan sebagai berikut:


1. Problem-Focused Coping Strategies

Problem-focused coping strategies adalah salah satu strategi coping dalam mengurangi stressor dengan mempelajari hal baru atau keterampilan baru, yang bisa lo gunakan buat mengubah situasi, keadaan, atau pokok permasalahan (Horwitz, 2011). Buat orang yang menggunakan problem-focused coping strategies ini, biasanya cenderung lebih menggunakan strategi kognitif secara langsung. Biasanya teknik ini digunakan buat menyelesaikan dan mencari informasi untuk memecahkan masalah (Adriyani, 2014).


2. Emotional-Focused Coping Strategies


Emotional-focused coping strategies adalah usaha dari individu dalam mengendalikan respon emosional terhadap kondisi yang bersifat sangat menekan (Folkman, 2013). Strategi coping ini bersifat defensif, karena individu merespon stres secara emosional dengan mencari dukungan secara sosial, individu. Buat orang yang menggunakan strategi coping secara emosional, biasanya lebih memfokuskan dalam pengurangan emosi negatif ketika lagi menghadapi tekanan. Emotional-focused coping strategies digunakan ketika individu mengalami masalah yang gak bisa dikontrol (Adriyani 2014).


Dukungan yang dimaksud dari strategi coping ini adalah dukungan yang berasal dari sahabat, keluarga, atau dengan melakukan aktivitas lain yang sifatnya lebih positif. Aktivitas ini bisa berupa olahraga, melakukan hobi positif, berdoa kepada tuhan, dan lain sebagainya dalam menekan stressor (Safaria dan Saputra, 2012).


Jadi gak ada salahnya kan order makanan online ataupun online shopping, selama hal itu bisa bikin diri lo lebih happy? Yang terpenting buat lo ingat, disituasi kayak gini kesehatan diri lo yang jadi prioritas utama!





Writer: Carissa Setyowatie - Selasa, 19 Oktober 2021 12.59 WIB